Bu Tini,
Kemampuan jalan pada anak berbeda-beda, ada yang sembilan bulan sudah bisa
jalan, tapi ada pula yang lebih dari setahun belum bisa jalan.  Hal ini
normal - normal saja.  Akan tetapi ada hal yang harus ibu perhatikan apakah
pada usia yang sekarang anak ibu sudah bisa berdiri dengan berpegangan?
Kalau belum ada baiknya ibu melatih dia untuk berdiri sendiri, mungkin kalau
untuk bisa jalan sendiri dia belum bisa tapi untuk berdiri pada dasarnya
anak seusia dia harus sudah bisa.  Bengkok nggaknya kaki anak tergantung
keturunan juga.  Saya rasa anak akan berkembang menurut kemampuannya, kalau
dia sudah mau berdiri sendiri dan ibu khawatir kakinya belum kuat ini nggak
baik, biarkan dia mengekspresikan kemampuannya (untuk melatih motorik si
anak), jangan dibatasin geraknya, kecuali kalau dia mau lompat atau gerakan
yang membahayakan dirinya sendiri baru dilarang.  OK.........nggak usah
terlalu khawatir ya.............