Kalau boleh saya menambahkan;
Kebetulan ketika habis melahirkan darah nifas saya baru berhenti agak lama
melebihi 40 hari. Saya menanyakan hal ini kepada dokter saya (Ginekolog dan
Internis);
Lama nifas berbeda pada tiap wanita yang telah melahirkan, normalnya 2
minggu sampai 2 bulan.
Jika lebih dari waktu tersebut di atas kemungkinan besar;
1. Seperti pendapat Ibu Mayerlina, mungkin wanita tersebut menggunakan KB
Suntik. Dimana dengan KB tersebut akan mengeluarkan darah seperti nifas
atau menstruasi pada saat suntikan KB pertema, kedua & ketiga. Biasanya
setelah tiga kali suntik, efek tersebut akan hilang dan wanita tersebut
tidak akan mengalami menstruasi selama menggunakan KB suntik. Efek tersebut
pun berbeda-beda pada tiap orang.
2. Mungkin wanita tersebut mempunyai tekanan darah yang tinggi. Pada saat
setelah melahirkan rahim akan mulai kembali menciut sampai kondisi normal.
Sejalan dengan rahim yang menciut, maka darah nifas akan ikut terhenti.
Jika wanita tersebut mengalami hipertensi maka rahim tersebut agak sukar
untuk menciut , sehingga darah nifas akan tetap terus keluar sampai nanti
dia dapat menciut dan kembali pada kondisi normal. Dampak dari tetap
keluarnya darah nifas terhadap ibu adalah lama2 akan kekurangan darah atau
Hb menurun. Jika ini terjadi maka ibu akan merasa lemas dan pucat.
Hal inilah yang saya alami, sehingga nifas saya sampai 3 bulan. Tetapi
karena saya sudah mengetahui dari penjelasan dokter, maka saya mengkonsumsi
Sangobion dan sayur bayam  untuk menghindari kekurangan darah dan Hb yang
rendah.
Jika istri bapak tetap mengeluarkan nifas sampai 2.5 bulan sebaiknya
periksa ke dokter. Karena wanita yang habis melahirkan butuh energi banyak
untuk kembali normal.

Sekian mudah2an berguna.

Salam

Intan