Ibu Miranda,

Apakah bayi ibu menangisnya menjerit2 sambil mengangkat kedua belah kakinya.
Menurut yang saya baca, apabila bayi terserang kolik/sakit perut, maka
prilakunya seperti tsb diatas.

Waktu putera saya seusia putri ibu, pernah beberapa kali ia tiba2 menangis
dalam tidurnya, tanpa menjerit & tidak sambil mengangkat kakinya, sehingga
saat itu saya tidak berpikir anak saya sakit.  Saya gendong dan susui, tapi
tetap menangis.  Yang saya lakukan kemudian adalah mengucapkan doa2 di
telinganya sambil membujuknya dengan lembut.  Alhasil, tangisnyapun reda dan
tidur kembali dengan pulasnya.  Hal ini terjadi 4x berturut2 pada usia 6
bulan dan 1x pada usia 7 bulan.

Boleh percaya atau tidak, katanya sih bayi bisa melihat 'sesuatu' yang tidak
bisa kita lihat.  Mungkin anak kita tsb kaget, sehingga menangis.  Ada teman
saya mengalami hal tsb, anaknya sering bangun tengah malam, kemudian
menangis.  Yang dilakukannya kemudian adalah mengucapkan doa2 dan meletakkan
kitab suci di samping tempat tidur anaknya.  Sejak itu anak teman saya tsb
tidak pernah lagi menangis tengah malam.

Sama halnya dengan kepercayaan bahwa kalau pada senja hari, sebaiknya bayi
tidak ditinggalkan sendirian.  Kalau menurut agama saya (Islam) pada
senja/magrib tsb banyak setan berkeliaran sehingga sebaiknya kita menunggui
bayi kita.

Semoga info ini bermanfaat.

Tini Sofyani
Technology&Drilling Rumbai