-----Original Message-----
From:   [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Sunday, August 01, 1999 8:52 PM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        [balita-anda] Perkembangan bayi prematur

1. Apakah kaki anak saya sudah cukup kuat untuk belajar berjalan dengan
baby walker?
Selama anda tidak memaksa anak anda untuk berdiri saya rasa tidak apa2. Tapi
sebenarnya sekarang baby walker tidak disarankan untuk dipergunakan
(berdasarkan apa yang saya baca di salah satu artikel) karena katanya malah
bisa bikin anak malas berjalan.
.
2.  Apakah perkembangan bayi itu harus berurut misal jika bisa duduk nanti
baru bisa berdiri dan berjalan? Ataukah tiap2 bayi mempunyai kebisaan yang
berbeda? Karena saya mempunyai tiga belas keponakan dan mereka bisa duduk
dulu baru berdiri dan belajar jalan.
Nggak selalu berurutan & tiap bayi berbeda-beda. Anak saya bisa tengkurap
sendiri umur 3 bulan. Sekitar 5 bulan mulai angkat2 pantat & badannya. Usia
6 bulan dia berdiri dgn merambat di box, sesudah itu... 6,5 bulan dia baru
bisa duduk dan usia 8 bulan mulai belajar jalan (titah). 10 bulan sudah
berjalan sendiri dengan lancar tanpa jatuh.

Salam,
Poppy