Sering dikatakan mengenai kehamilan bahwa:

3 bulan pertama adalah masa2 yang paling susah. Ini mungkin karena
disebabkan oleh rasa mual dan pengaruh morning sickness. Selain itu,
perubahan hormon di tubuh juga memberi pengaruh yang cukup besar.

3 bulan kedua adalah masa2 yang seharusnya dinikmati. Ini adalah masa
kehamilan yang paling enak. Ukuran perut tidak terlalu besar, sedangkan
perubahan2 yang kurang nikmat di 3 bulan pertama akan surut juga. Paling
tidak, setelah lewat 3 bulan pertama, kehamilan akan lebih stabil.
Kemungkinan mis-carriage juga berkurang secara drastis meskipun bukan
berarti menjadi nol.

3 bulan ketiga adalah masa2 yang agak menyakitkan. Kehamilan akan bertambah
berat yang akan mempengaruhi gerakan2 dalam pekerjaan sehari2. Menjelang
kelahiran, bayi akan bergerak dan menendang dengan lebih keras yang
menyebabkan rasa sakit. Tapi, semua ini memang adalah persiapan yang sangat
diperlukan oleh badan dan rahim sang ibu.

Demikian sedikit sharing informasi dari saya. Tentu saja yang paling tahu
tetaplah istri saya sendiri. Sebagai pengamat, cuma ini yang bisa saya
ceritakan.

Best Regards,

Sugeng Sanusi, Singapore
DID: (65) 3712 487