Bu Celina,
Selain dari gizi yang masuk perkembangan tubuh anak dipengaruhi dari berat dan panjang
waktu lahir, saya lihat bayi ibu memang besar dari lahir, namun memang perkembangannya
sangat pesat, berat 14,5 kg itu sudah berat anak umur 2 tahun dengan tinggi 94 cm lho
bu.
Kalau berat anak ibu 20 % lebih berat dari yang seharusnya (dihitung dengan referensi
berat lahir) maka mungkin ibu perlu konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk
sedikit 'mengerem' pertambahan berat anak ibu karena kelebihan 20% dari berat yang
seharusnya sudah termasuk kategori obesitas. Namun hal ini berlaku untuk anak dan
orang dewasa, untuk bayi perlu ibu tanyakan lagi apakah rumus tersebut berlaku sama.
Biasanya bayi usia 0-6 bulan memang mengalami perkembangan yang sangat cepat, namun
setelah 6 bulan apalagi setelah 1 tahun  perkembangannya akan melambat. Idealnya berat
anak saat 1 tahun adalah 3 kali berat lahir dan tingginya 1,5 panjang lahir.
Kelebihan berat yang terlalu banyak bisa menghambat perkembangan motorik anak.
Sebenarnya jumlah susu untuk anak ibu tidak terlalu banyak, karena rata-rata bayi
seusia itu minum susu 5 kali 200 ml, jadi sekitar 1000 ml.
Jadi saran saya cobalah konsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk merencanakan menu
dengan jumlah sesuai untuk anak ibu.
Salam.

Riefna Azwita Fahmi
Test System Unit RisTI - Telkom
Jl. Gegerkalong Hilir 47 Bandung-Indonesia
mailto:[EMAIL PROTECTED]
*       Learn Telecommunication Technology at http://www.gematel.com
*       http://www.ristinet.com - See the difference think better