Bu Zulia,
Untuk mengganti sus formula ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan
antara lain :
1. Harga
2. Kemudahan mendapat produk tersebut
3. Pabrik pembuatnya, apakah prabrik tersebut sudah teruji dari segi
mutu, kebersihan dan keamanan bahan bakunya (contohnya kasus dioxin
baru-baru ini), juga customer care nya.
4. Lamanya produk tersebut sudah beredar. Kita harus memilih produk
yang sudah lama beredar karena jika ada sesuatu yang membahayakan pasti
sudah ada reaksi dari masyrakat/YLKI.
5. Komposisi gizi susu formula. jangan tergiur dengan harga yang lebih
murah tapi kandungan gizinya kurang.
Beberapa komponen gizi yang perlu diperhatikan adalah :
- Kalori
- Lemak
- Zat besi
- Vitamin dan mineral
- Protein
6. Reaksi bayi saat diberikan susu tersebut. Memang muntah dan mencret
adalah reaksi yang biasa terjadi ssat pergantian susu. Namun jangan
buru-buru mengganti lagi, cukup encerkan dulu susunya dan berikan
berselang-seling dengan susu yang akan diganti. Bila efek mencret
berkurang baru kekentalannya ditingkatkan.
7. Cara penyajian. Kadang ada susu yang mempunyai cara penyajian
berbeda, maka kita perlu perhatikan benar-benar bagaimana cara
penyajian susu yang baru tersebut.
Demikian sedikit dari saya.

Mamanya Dafi