                From:   [EMAIL PROTECTED]
[mailto:[EMAIL PROTECTED]]
                Sent:   Thursday, September 09, 1999 7:39 AM
                To:     [EMAIL PROTECTED]
                Subject:        Re: [balita-anda] Perawatan setelah operasi
cesar

                Wayan Andrianata wrote:

> [...]
setelah 3 (tiga)
                > tahun boleh hamil lagi,
                > namun ada kekhawatiran terjadi kegagalan KB... katakanlah
hamil sebelum
                > waktu 3 tahun itu apa yang harus dilakukan ???
                >
                > Oh ya... obat untuk menghilangkan keloid apa ya yang
bagus, dimana bisa
                > didapat secara bebas ??? pernah dikasi tau dokter, tapi
lupa...

                > Terimakasih banyak
                >
                > Kunjungi:
                > http://www.balita-anda.indoglobal.com
                > "Untuk mereka yang mendambakan anak balitanya tumbuh sehat

Informasi di Internet

                > Panduan Menulis Email yang Efektif
http://hhh.indoglobal.com/email/

                Saya mengalami operasi caesar pada bulan Mei 1998, dan rasa
nyeri di
                perut itu saya alami hingga 5 bulan setelah caesar. Untuk
obat jahitan
                saya  minum jamu cina (saya lupa namanya tapi banyak
terdapat di kota,
                dan tanya sama sinshe kota). Setelah itu saya tidak pernah
ikut senam
                atau mengerjakan pekerjaan berat selain menggendong bayi
waktu menyusui,
                sehingga tidak terjadi rasa nyeri yang sangat.
                Memang dianjurkan agar tidak senam s/d 6 bulan setelah
operasi karena
                menunggu luka dalam agar mengering. (dalam hal ini badan
memang menjadi
                melar/gemuk).

                Saya dianjurkan untuk hamil lagi setelah anak pertama
berumur 2 tahun,
                tetapi saya kebobolan (karena belum KB) dan hamil sekarang
masuk 7 bulan
                dengan umur anak saya yang pertama 16 bulan. Kehamilan saat
ini
                alhamdulillah baik-baik saja, walaupun saya capek karena
harus
                menggendong sana-sini anak saya kalau lagi rewel, atau
terjaga lama
                malam hari kalau anak saya bangun. Semua kelancaran dan hal
yang
                mustahil bagi manusia kembali kepada yang diatas. Karena DIA
yang lebih
                tahu dan merasakan kita.
                Jangan kuatir akan hamil lagi, tapi kalau bisa diatur.