Pak Abidin,

Menurut saya sebeneranya nggak ada anak balita yang nakal, mereka lucu-lucu.
Dulu keponakan saya, Mita, juga seperti itu (sekarang dia sudah 6 tahun).
Mita, pada usia sekitar 2 tahun, diajari oleh om dan tantenya untuk seperti
itu. Misalkan si Omnya mua deket-deket kedia, maka tantenya selalu bilang
'Disayang Mit, disayang...' lalu si Mita akan mebelai-belai si Om sambil si
tante bilang 'Sayang...3x'. Begitu si tante bilang  'Pok...' maka si Mita
akan memukul. Kami selalu bercanda demikian pada si kecil Mita.
Dari cerita diatas, sepertinya Pak Abidin bisa mencoba dengan keluarga
terdekat atau mainan si anak, yaitu mengajarkan prilaku sayang pada apa
pun... (nggak disarankan pakai Pok loh...).

Salam,