Pak Abidin,
Sebetulnya perilaku memukul, menggigit, menarik rambut adalah perilaku
normal untuk usia anak bapak. Sekarang ini dia sudah mulai menyadari
fungsi tubuhnya, baik tangan, gigi, kaki dan lainnya. Selain itu fungsi
otaknya juga sudah berkembang sehingga dia bisa berpikir tentang
sebab-akibat misalnya dengan pertanyaan " Kalau mama saya gigit apa ya
reaksinya" dan dia akan mengulang terus perilaku tersebut kalau
mendapat reaksi yang positif, misalnya dilarang dengan banyak
kata-kata. Cara yang paling efektif sebenarnya dengan sedikit perkataan
setelah itu di acuhkan sehingga dia tahu kalau dia tidak mendapat
perhatian dari kita kalau melakukan perbuatan itu. Kalau anak bapak
suka memukul temannya, cukup kita pisahkan sambil bilang misalnya
"Jangan pukul, kan teman kamu sakit kalau dipukul" meskipun dia kurang
mengerti arti kata kita tapi dari intonasi kita dia tahu kalau
perbuatannya tidak diterima. Jangan dimarahi berlebihan atau malah di
diamkan dengan asumsi dia masih kecil.
Selain itu jangan cepat mengatakan bahwa anak kita nakal atau julukan
jelek lainnya, apalagi dikatakan di depan dia, karena akan berpengaruh
pada perkembangan mentalnya. Cukup kita tunjukkan perilaku apa yang
tidak bisa kita terima tapi dia tetap kita sayang. Kita perlu tahu
dengan pasti perkembangan apa yang sedang terjadi pada usia anak kita
sehingga perilaku neagatif seperti ini dapat ditangani dengan baik.
Demikian sedikit dari saya.

mamanya Dafi