Salam kenal,
Saya seorang ibu dari bayi berusia 3 bulan lebih dikit. Suami-istri bekerja, selama
ditinggal kerja bayi
bersama pengasuhnya.

Sampai seumur itu bayi saya belum bisa tengkurap sendiri (kalau dibantu bisa, menahan
kepala sudah bisa, tapi
tidak bertahan lama - paling 5 menit - dia sudah menangis). Apakah ini normal ???

Selama ini bayi saya tidak mau ditinggal sendirian. Dia senang sekali bercerita
(ngoceh), sehingga harus
selalu ada yang menemani. Kalau ditinggal dia akan menangis. Saya khawatir
perkembangan motoriknya tidak
berkembang, karena dia jadi males untuk belajar tengkurap, mengambil benda, dll.
Apakah ini pertanda bayi saya
manja ???

Satu masalah lagi, kalau tidur siang dia harus digendong karena kalau diletakkan dia
akan menangis. Bagaimana
mengatasinya ??

Mohon saran dari netters.
Terima kasih