endang wrote:

> Salam kenal,
> Saya seorang ibu dari bayi berusia 3 bulan lebih dikit. Suami-istri bekerja, selama
>ditinggal kerja bayi
> bersama pengasuhnya.
>
> Sampai seumur itu bayi saya belum bisa tengkurap sendiri (kalau dibantu bisa,
>menahan kepala sudah bisa, tapi
> tidak bertahan lama - paling 5 menit - dia sudah menangis). Apakah ini normal ???
>
> Selama ini bayi saya tidak mau ditinggal sendirian. Dia senang sekali bercerita
>(ngoceh), sehingga harus
> selalu ada yang menemani. Kalau ditinggal dia akan menangis. Saya khawatir
> [...]

Ibu Endang,
pertumbuhan bayi pada umumnya berlainan. anak saya perempuan dahulu
hampir sama dengan ibu. pada waktu umur 3 bulan sudah saya tinggal kerja
lagi, dia bersama pengasuhnya (yang memang kelihatannya agak malas).
jadi belum bisa tengkurap sendiri. saya sangat gelisah takut ada
apa-apa, saya tetap berdoa. tetapi bayi selalu membuat kejutan kepada
kita.  pada saat 3,5 bulan dia tengkurap mendadak dan terguling
kesamping, dan memegang benda juga belum pas. pada saat banyak orang
bilang umur 11 bulan sudah ada yang bisa lari/jalan, saya juga gelisah
karena anak saya belum bisa tegak berdiri. Tapi suka ngoceh waktu bayi
sama dengan bayi ibu. Ternyata dia lebih cepat bicara (cerewet) pada
umur 8 bulan, dan bisa berdiri 8 bulan itu. Giginya tumbuh banyak umur 5
bulan. Dia cepat mengenal gambar binatang yang saya berikan umur 9 bulan
lebih dan dapat menunjuk ulang gambar yang saya minta.
Menurut saya, kita jangan terlalu khawatir, karena perkembangan anak
pasti berbeda satu sama lain. Jangan terpengaruh dengan kata-kata orang
lain bahwa bayinya cepat pintar ini itu, sedang bayi kita belum. Jangan
lupa ibu bisa kaget suatu saat ternyata bayi ibu pintar dalam suatu hal
daripada bayi yang lain. Tetap optimis, dengan ibu yang optimis, bayi
akan merasakan hal itu dan dia akan mau belajar cepat.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. People has their own talents, and
it's different from others.

O,iya,...... dulu anak saya dibilang manja karena s/d umur 5 bulan kalau
ditaruh tidur siang suka nangis maunya digendong. Menurut saya tidak ada
bayi yang manja, adanya anak manja. Ukuran bayi bisa dibilang sampai 1
tahun atau 2 tahun, mereka butuh pelukan dan ciuman ibu/ayahnya atau
orang disekitarnya, to confirm they are allright. Sekarang anak saya
tidak suka dipeluk-peluk oleh orang lain (kecuali oleh saya sendiri).
Dia lebih suka digandeng dan tidur di tempat tidur dipuk-puk pantatnya.
Berarti she is okay, dan tidak bisa disebut manja walaupun
saudara-saudara saya atau ibu mertua saya bilang nanti bisa manja.
nonsense. tolong patahkan mitos itu, anak jaman sekarang berbeda sekali
perkembangan otak dan jiwanya dengan anak dahulu.