Dear all,

Pertanyaan saya ini menyangkut tentang kesehatan Ibu saya, Nenek dari bayi
saya yang berusia hampir 10 bulan.

Usia beliau sekarang 52 tahun, aktif, suka bekerja baik di dalam maupun
mengikuti kegiatan rohani di luar rumah. Jadwal sehari-harinya "hanya"
sebagai Ibu Rumah Tangga, bahkan beliau hampir selalu menyempatkan diri
untuk istirahat tidur siang barang 1 atau 2 jam.

Saat ini beliau sedang mengalami tekanan darah tinggi, dengan ukuran 200
(atas) & 130 (bawah)-nya. Sebagaimana anda tahu, bahwa tekanan darah normal
adalah 110/90 !!! Hal ini agak sering terjadi pada diri beliau, apabila
beliau mengalami stress sehingga tidak bisa tidur nyenyak, terlalu lelah,
atau makan makanan yang bisa memacu tekanan darahnya. Sering saya tanyakan
langsung kepada Ibu saya apa yang menjadi "beban pikiran-nya", atau pola
makannya, tapi beliau sering mencoba meyakinkan saya bahwa tidak ada
persoalan yang bisa dijadikan biang keladi pemicu tekanan darahnya. Hanya
dia sering merasa "kesemutan" pada tangan & kaki sehingga organ tsb. sukar
digerakkan dan kepala terasa berat. Jika tekanan darahnya meninggi, biasanya
wajah beliau memerah & kepalanya pusing sekali serta kesemutan.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Obat tradisional atau obat dokter apakah yang bisa membantu menurunkan
tekanan darahnya & menjaga kondisi tekanan darahnya supaya tetap dalam
kondisi normal ?

2. Apakah Ibu saya perlu melakukan diet untuk makanan tertentu ? [setahu
kami misalnya : daging kambing, durian, dll].

3. Apalagi yang harus kami lakukan untuk menjaga kesehatan beliau ?

Mohon saran & bagi pengalaman dari para netters & dokter yang membaca.
Sebelum & sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Regards,
Erny