Bu Erny,
Ayah saya juga mengalami hal yang sama, malah karena
tekanan darah tingginya tahun 1996 mengalami stroke,
Alhamdulillah keadaannya bisa pulih meskipun tidak
100%, masih bisa menyelesaikan tugas kantor sampai
masanya pensiun.
Beberapa obat tradisional yang saya tahu :
1. Jus timun : timun di parut atau diblender ditambah
air sedikit, diminum. Perbandinga timun dan air
kira-kira saja sehingga airnya tidak terlalu encer
2. Temulawak, diparut, tambahkan air, dimasak,
diminum.
3. Jus belimbing : sama dengan timun.
4. Biji mahoni : buka kulit kerasnya, bijinya bisa
langsung ditelan atau dihaluskan dulu (seperti puyer)
lalu ditelan, tapi rasanya sangat pahit.

Sebaiknya bawa ibu anda kontrol ke dokter karena
semutan menandakan sakitnya sudah cukup serius, jangan
sampai jatuh ke stroke.
Selain minum obat tradisional ayah saya juga minum
obat untuk seumur hidup yaitu Adalat.
Stress dan banyak pikiran memang sebab utama naiknya
tekanan darah karena itu usahakan untuk menyenangkan
ibu anda, jangan libatkan dengan persoalan anak-anak
nya, jangan kelihatan kalau sedang mempunyai masalah
dihadapannya (seluruh keluarga harus kompak).
Makanan yang harus dihindari adalah yang berlemak
tinggi (duren, kambing, santan, otak sapi dll).
Usahakan perbanyak makan sayuran dan buah. Usahakan
berolahraga yang ringan misalnya jalan pagi, senam
jantung sehat dan yang sejenis, karena olahraga yang
berat cenderung meningkatkan tekanan darah.
Tekanan darah memang meningkat sesuai dengan usia,
kalau seusia ibu anda tekanan 120/90 masih bisa
dianggap normal. Tapi memang ukuran bawah 130 sudah
berbahaya untuk kesehatan ibu anda.
Kalau bisa sediakan selalu pengukur tekanan darah di
rumah, yang praktis dalam bentuk digital hanya mungkin
harganya saat ini cukup mahal. Pantau tekanan darah
ibu anda secara teratur misalnya pagi dan sore agar
dapat diambil tindakan cepat.
Demikian pengalaman saya, semoga membantu.

Mamanya Dafi