Pak Hariyadi,

Pengalaman Bapak seperti pengalaman saya, putra pertama saya juga dilahirkan caesar
dengan berat 3,3 kg. Anak saya dari lahir bawaannya agak rewel (usia 0-2 bulan).Jadi
kalau dia tidur saya usahakan tidak mengganggunya, cth : seperti mengubah posisinya
sewaktu tidurnya miring (kebetulan sering tidur miring ke kanan). Hasilnya kepala
anaknya yang belakang miring kekanan. Tetapi setiap memadikan pagi hari saya sering
mengusap-usapkan handuk yang sudah dibasahi air hangat di kepalanya (seperti membenahi
bentuk kepalanya) dan kalau ketahuan tidurnya miring saya betulakan posisinya (karena
setelah berumur > 2 bln dia sudah tidak rewel lagi). Toh sekarang (9 bulan) kepalanya
kembali normal, perlu diingat Pak bahwa kepala anak kita itu masih berkembang terus
seiring perkembangan otak mereka, jadi diusahkan agak telaten sedikit, insya Allah
kepalanya akan kembali normal.