From: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Renang bagi bayi

Wa'alaikumsalam Pak Agung S,

Untuk memperkenalkan renang minimun usia idealnya memang saya kurang paham .
Putra saya pertama kali saya perkenalkan renang pada usia 3 bulan -->
direndam
sebatas dada dan lehernya. Kalau usia Pak Agung sudah usia 8 bulan saya rasa
sudah cukup besar untuk bermain air.
2. Peralatan yang diperlukan : 1. Ban Karet yang dapat dimasukkan sampai ke
batas bahu/lengan atas (kanan dan Kiri) karet ini ditiiup dan untuk menjaga
agar kepala sianak tetap berada di atas air. 2, Mainan yang mengapung diatas
air tentunya akanmenarik perhatian si anak 3. serta ban bundar pada bagian
tengahnya ada tempat duduk (semacam dudukan di baby walker).
3. Lamanya berenang pada saat pertama kali diperkenalkan adalah 15 menit
bertambah sampai 1/2 jam --> sedangkanwaktunya yang baik menurut pengalaman
saya adalah waktu udara cerah (baik pagi siang /sore) agar tidak cepat
kedinginan. Usahakan jangan pada saat mendung.
4. Cara pengenalannnya --> yang saya lakukan adalah pertama kali saya
berendam
di kolam , biarkan si anak melihat bapak/ibunya sampai ada ketertarikan baru
ajak si anak ke dalam --> selain itu tidak langsung kedalam air --> letakkan
di Ban sambil didorong dorong dan mungkin sambil kita memukul -mukul air dan
tunjukkan rasa senang atau sambil kita gendong.

Biasanya pada saat pertama kali masuk ke dalam air anak bayi akan diam sambil
mengamati lingkungannya --> akan lebih bagus lagi kalau ada anak - anak di
sekeliling nya yang ikut berenang.

Memang kalau di barat sana (katanya) si anak dilepaskan sampai kelelep
(tenggelam dan diangkat) --> pada awalnya akan menangis (masuk air dari
hidung
dan mulutnya) tetapi lama kelamaan dia akan terbiasa dengan gerakkan reflek,
pada saat dia ditenggelamkan otomatis kakinya akan mendorong badanya untuk
naik ke permukaan air (saya sudah lakukan terhadap putra saya (usia 8 bulan))
dengan juga memberikan ban yang ditiup pada kedua lengannya.

Terakhir kali adalah menjada jangan sampai anak merasa trauma kalau berada
didalam air (mungkin karena kemasukkan air dari hidung dan mulutnya) dan saat
itu kita tidak cepat menganngkatnya. Juga jangan dipaksa jika si anak menolak
-> mungkin lain kali dia akan tertarik. Semoga bermanfaat . Wassalam