Bu Hanni,

Saya sudah niat membawa bayi saya berenang pd usia 6 bulan (pd waktu ia
sudah duduk tegak), tapi suami masih 'takut' dan khawatir. Jadi, bayi saya
baru berenang pd usia hampir 8 bulan. Saya rasa, jika bayi Ibu sudah bisa
duduk pd usia tsb, bisa diajak 'ciprat-ciprat' di kolam
renang/pantai(sebaiknya konsultasi dulu dg ahli/DSA).

Pengalaman saya, pd waktu pertama bayi saya diajak berenang, kami mula-mula
hanya bermain di kolam anak-anak; tapi ternyata bayi kami membawa kami
menyebrang ke kolam orang dewasa, dan sampai sekarang dia ber'gaya' bebas
(gaya dada) spt org berenang betulan (tapi tetap dipegang di bagian
pinggang atau ketiak). Bayi saya sangat senang sekali menggerak-gerakkan
tangan dan kaki spt orang berenang betulan; apalagi jika saya
lambung-lambungkan dia dan lalu 'jatuh' ke kolam renang (sebenarnya saya
dinasehatkan utk melepaskannya krn 'katanya' instinct bayi akan membawanya
mengapung sendiri. Tapi saya ngga'tega dan masih kurang percaya nasehat
tsb., sehingga saya tidak pernah melepaskannya dari pegangan saya). Kami
sampai sekarang (bayi berusia 15 bulan) tidak pernah melepaskan bayi kami
di dalam kolam renang sendiri; pasti kami pegang, biarpun di kolam
anak-anak yg tingginya hanya sepundak dia. Yang penting, jangan drastis
memperkenalkan kolam renang, takut kelak jadi trauma.

Waktu di Ancol juga, mula-mula dia hanya duduk di pinggir main pasir (dg
pakaian lengkap, lalu bertahap kami lepas pakaiannya). Sekarang, dia akan
ber'gaya' bebas, baik di kolam renang maupun di pantai, dg celana renang
(padahal air cukup dingin).

Saya mempersiapkan: 1] pelampung yg ada tempat duduknya (warna kuning dan
dijual di banyak dept. store spt matahari, metro dlsb. Harganya sekitar
40-50 ribuan, tapi merk-nya saya lupa. Beli yg bundar, jangan yg mirip
segi-empat krn yg bundar lebih bisa dimanipulasi/digerakkan bayi drpd yg
segi empat); 2] sunscreen utk baby (waktu itu ada rekan netters yg
memberitahu, shg saya beli yg merk Banana boat dg SPF (Sun PRotection
Factor) 15. Dijual di apotik spt Guardian, Century, harganya sekitar Rp. 50,
000); 3] celana renang bayi (sebaiknya pd awal-awal bayi masih dipakaikan
pakaian shg tidak terlalu kedinginan. setelah beberapa kali, saya sekarang
hanya memakaikan celana renang); 4] baju ganti yg cukup hangat (lengan dan
celana panjang, kaos kaki dlsb); 5] makanan dan/atau susu yg akan diberikan
setelah berenang (pasti lapar); 6] handuk cukup besar yg bisa 'menyelimuti'
bayi.

Semoga bermanfaat dan salam.

Zullia Saida
OFfice of Transition Initiative (OTI)
United States Agency for International Development (USAID)
American Embassy
Jl. Merdeka Selatan 3-5,Jakarta 10110
Phone : (62-21) 344 2211 ext. 2356
Fax   : (62-21) 3483 0916
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

-------------
Original Text
From: "Hanni Soekrisno" <[EMAIL PROTECTED]>, on 10/23/99 11:46 PM:
To: internet[<[EMAIL PROTECTED]>]

Saya mohon masukan dari para netters,

Usia berapa sebaiknya bayi boleh diajak berenang ? Putri saya berusia 6
bulan, dan seperti bayi pada umumnya, ia senang sekali berada di air. Sudah
kami coba berendam di bath tub dan kolam plastik, tapi belum pernah di
kolam
renang betulan. Kebetulan minggu depan keluarga besar suami saya mengadakan
acara akhir pekan di Ancol, dan saya ingin tahu apakah dia sudah bisa saya
ajak berenang di kolam anak / dangkal. Apa yang harus diperhatikan dalam
mengajak bayi berenang ? Bagaimana langkah pengenalan kegiatan berenang
pada
bayi ?

Terima kasih banyak atas waktu yang diluangkan para netters untuk memberi
masukan pada saya.

Salam,
Hanni S. Armansyah