Bapak Abdilah,
Mungkin bapak anggota baru pada milis balita ini, karena hal ini pernah
dibahas sebelumnya. Kalau boleh saya memberikan input berdasarkan
pengalaman pribadi kakak saya selama hamil.
Berdasarkan pengalamannya  yang mengalami masalah pada kehamilannya karena
ada mioma dan terkena virus toksoplasma dimana dia hampir setiap minggu di
USG, tidak ada efek negatif terhadap dia sendiri dan juga janinnya malah
keponakan saya itu sudah berusia 4 tahun dan pertumbuhannya baik.
Mengenai kapan di USG, itu sebaiknya dilakukan jika dikuatirkan ada masalah
dengan janin. Jadi tidak ada guidline yang jelas dan pasti mengenai kapan
waktu yang tepat untuk USG. Tetapi berdasarkan kebutuhan saja kapan
perlunya. Saya sendiri ketika hamil empat kali di USG, pertama karena pada
usia kandungan 8 minggu saya mengalami pendarahan (ada flek). Sehingga di
check dengan trans vagina (semacam USG juga) karena ingin mengetahui
keadaan janinnya. Kemudian pada usia kehamilan 12 minggu setelah saya
bedrest selama 2 minggu karena flek tersebut, ingin mengetahui
perkembangannya bagaimana. Lalu pada usia kehamilan 5 bulan karena
diperkirakan oleh DSOG saya, janinnya kecil alias kurang dari ukuran
normal. Dan terakhir pada usia 7 bulan karena masih diperkirakan janinya
lebih kecil dari usia kehamilannya.

Jadi saya rasa bapak tidak usah kuatir kalau istri bapak harus sering2 di
USG. Kalau DSOGnya merasa ada sesuatu hal dan perlu USG, lakukan saja.

Sekian input dari saya mudah2an berguna

Salam

Intan Suri

"Syah, Tengku Abdilah" <[EMAIL PROTECTED]> on 10/27/99 08:47:11 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]