Ibu Sugi, saya punya pengalaman yang mirip deh. Waktu anak saya (laki-laki) berumur
kurang dari 6 bulan, dia sudah terbiasa untuk BAB di closet dengan cara didudukan
sambil dipegangi, biasanya pagi-pagi sebelum mandi, sementara pipisnya ditatur ke
dalam botol (karena belum bisa berdiri). Tapi, kira-kira waktu usianya 9 bulan,
kebiasaan itu berantakan total. Dia tidak mau lagi didudukkan di closet untuk BAB,
pipisnya juga sembarangan saja. Saya juga tidak mengerti kenapa bisa begitu. Ya sudah,
tidak saya paksain daripada anaknya stress. Cukup lama juga dia begitu, lalu sejak
umur 12 bulan, kebiasaan itu kembali lagi....sampai sekarang (umurnya 15 bulan).
BABnya teratur 1-3 kali sehari di closet, hampir tidak pernah ngompol, kalau mau pipis
dia memberi kode dengan menarik-narik celananya, kalaupun tidak tahan biasanya hanya
akan pipis sedikit sekali (tidak sampai tercecer dilantai) menunggu sampai di bawa ke
kamar mandi. Saya juga tidak tahu kenapa tiba-tiba 'kepandaiannya' ini !
kembali lagi.

Ibu, saya pernah membaca (buku apa saya udah lupa) bahwa wajar saja jika seorang
balita tiba-tiba 'lupa' pada sesuatu kepandaian, nanti juga akan 'kembali' lagi dan
biasanya permanen. Misalnya saja dia sudah pandai menyebut papa-mama, lalu suatu hari
hilang begitu saja, suatu waktu akan timbul kembali dan biasanya permanen (tidak lupa
lagi). Jadi, ibu tidak perlu kuatir, bersabar saja Bu, nanti juga akan kembali lagi.
Jangan dipaksa juga, Bu, nanti malah trauma dan kapok, jadi tambah lama dia 'lupa'
keahliannya itu. Semoga anak ibu cepat engga ngompol lagi,ya ! Salam !

Mama Jonathan.

Get your PERSONALIZED START PAGE at http://my.lycos.com