Netters yang terhormat, perkenalkan saya ibunya Iqbal ( 2 thn 7 bln ).
Mohon bantuan saran dan pendapat para netter barangkali yang memafami psikologi
perkembangan jiwa anak.
Masalahnya begini :

Sejak Juni lalu Iqbal kami masukkan pada sekolah play group Mutiara Bunda kelompok
KBK, karena saya pikir agar dia lebih bisa bersosialisasi dengan teman teman sebayanya
( sampai sekarang Iqbal masih anak semata wayang dirumah ), dengan berat 26 kg dan
tinggi 105 cm, Iqbal termasuk anak paling gede di kelompoknya.
Dirumah Iqbal termasuk anak yang nggak bisa diam, dari bermain sepeda, bola,
menggambar, menyanyi dan kegiatan lain yang saya kira cukup energik untuk anak seusia
nya. Sayangnya hal ini tidak dia tampakkan di sekolah. Bahkan di sekolah Iqbal
cenderung pendiam dan tidak banyak berkomunikasi didalam kelas. Anehnya tiba giliran
bermain di luar kondisinya berubah menjadi aktif, dia dapat menikmati semua permainan
yang yang ada. Kami berdua Ayahnya Iqbal pernah konsultasi sama ibu gurunya tentang
perkembangan sekolah Iqbal. Gurunya seolah mengindikasikan bahwa Iqbal termasuk anak
yang lambat menerima pelajaran, itu katanya biasa dalam perkembangan anak. Kami sempat
jelaskan pada gurunya bahwa Iqbal bukan termasuk lambat menerima, karena apa yang
diajarkan gurunya  sesampainya dirumah dapat dia ulangi dengan sempurna walaupun
gurunya baru sekali memberi contoh. Malah suatu ketika gurunya mengajarkan satu lagu
yang sengaja disalahin syairnya, Iqbal langsung protes bahwa lagunya salah, dan dia
dapat menyanyikan syair yang benar.
Netter, saya sampai bingung darimana harus memulai agar Iqbal dalam komunitas kelasnya
juga dapat aktif berinteraksi antar sesama dan juga gurunya. Pernah suatu kali kami
bertanya pada Iqbal, kenapa dikelas kok diam saja ditanya bu guru nggak mau jawab dia
menjawab malas ah ! Saya kejar dengan pertanyaan kenapa ?  dia jawab malas aja ngomong!
Netters, gejala apakah ini ? Saya ingin Iqbal dapat tumbuh seperti anak anak lain yg
bila diajak berkomunikasi dengan polos dan lugunya menjawab dengan lantang....
Terimakasih kami sampaikan bila mana netters dapat memberi masukan atau saran apa yang
harus kami perbuat.
Salam.
Ibunya Iqbal.