Hello Mbak Luki,

Thursday, November 04, 1999, 11:25:10 AM, you wrote:

L> Rekan Netters,

L> Anak saya berusia 2 tahun dan sekarang amat gemar menirukan kata-kata
L> yang kurang baik. Entah darimana dia mendapatkan kata-kata tersebut,
L> yang saya rasa bisa dari sinetron tv atau entah dari teman-teman
L> bermainnya. Berbagai cara dari cara amat halus sampai agak keras tetap
L> tidak manjur. Yang ingin saya tanyakan apakah hal tsb akan hilang dengan
L> sendirinya dengan bertambahnya usia ataukah ada rekan rekan netters yang
L> tau bagaimana cara mengatasi hal ini ?

Wah itu juga lho yang aku rasakan waktu anakku seusia Laura, memang
benar bahwa faktor utama adalah :

      1. Lingkungan Keluarga : Ayah, Ibu, dll
      2. Lingkungan Tempat Bermain : Teman, Baby Sitter, dll
      3. Media Televisi, Radio, Cassete, dll

Jika kita salahkan dia atau marahi dia itu tidak akan memecahkan
masalah dan malah akan menambah masalah secara phsycolgis lagi pula
itu tidak baik buat anda sendiri yang bisa saja nanti akan terimage
kurang bijak dimata si anak.

Jadi jalan keluarnya adalah antara lain :

     1. Lakukan pengawasan terhadap lingkungan keseharian si anak dan evaluasi
     dari sumber manakah pengaruh yang paling besar itu yang dapat
     diserap oleh si anak ?

     2. Berikan pengertian terlebih dahulu kepada orang-orang yang
     sering berhubungan dengan si anak, tentang perlunya menyadari
     penggunaan kata-kata yang pantas untuk di perdengarkan kepada si
     anak atau yang cocok dalam hal berkomunikasi dengan si anak

     3. Jangan salahkan, marahi apalagi sampai melakukan tindakan yang
     agak keras kepada si anak, karena harus anda sadari bahwa si anak
     tersebut sebenarnya tidak mengerti betul apa yang dia ucapkan,
     jadi hendaknya tetap bijaksana dan cobalah anda terangkan dengan
     bahasa yang dapat si anak mengerti bahwa mengucapkan kata itu
     tidak baik dan coba anda perkaya kosa kata anda untuk
     menggantikan  kata-kata yang kurang bagus tersebut dengan kosa
     kata anda walaupun tidak persis atau berbeda sekalipun, intinya
     adalah anda bermaksud untuk menggantikan kata-kata kurang baik
     yang sudah dikenal oleh si anak dengan kata-kata yang lebih baik
     atau jika bisa yang benar.

     4. Tapi percayalah berjalan dan seiring dengan waktu jika kita membiasakan
     memberikan pengertian kepada si anak, lama-lama dia tidak akan
     menggunakan kata-kata itu lagi dan dia akan melupakannya dan akan
     menggunakan kata-kata yang diajarkan baik oleh anda sendiri
     maupun orang disekitar lingkungan si anak yang telah anda
     mintakan pengertian dan kesadarannya akan pentingnya bertutur
     kata yang pantas dan benar.

     Mungkin benar mungkin salah.

Best regards,
Cecep Wahyono                       mailto:[EMAIL PROTECTED]

Lho koq sama-sama HSO ... ?