Pak, pengalaman saya sendiri waktu saya hamil muda saya terkena sakit radang
tenggorokan plus flu yang membuat saya sampai meriang. Oleh mertua saya diajak ke
dokter THT dan diberikan antibiotik rovamicyn dan beberapa obat lainnya yang menurut
dokter aman untuk ibu hamil. Terus terang, saya takut untuk meminum obat-obatan
tersebut, takut ada apa-apa dengan janin di perut saya. Akhirnya tidak satu obatpun
saya makan. Saya banyak minum/makan buah-buahan, susu dan makanan bergizi lain sebagai
gantinya, dengan tujuan supaya stamina saya lebih baik. Untuk meriangnya saya minum
panadol (menurut DSOG saya itu aman untuk ibu hamil), sebab saya dengar suhu tubuh ibu
hamil yang tinggi berbahaya bagi janin diperutnya. Puji Tuhan, dalam waktu tidak lama
saya sembuh dan sampai melahirkan tidak kena sakit flu lagi. Saya pikir, kalo bisa
ditahan ada baiknya ditahan saja. Bagaimanapun kecil, tetap ada resiko bagi janin,
bila ibu hamil mengkonsumsi obat-obatan. Tapi, kalau memang tidak tahan saya rasa
lebih baik diminum saja obatnya, toh dokternya kan sudah berpengalaman. Sakit yang
berkepanjangan juga tidak baik untuk janin kan, Pak ? Jadi, lebih baik Bapak
pertimbangkan saja antara manfaat dan mudaratnya, mana lebih besar ? Semoga berguna,
salam !

Mama Jonathan