Rekan milis Balita Anda yth,
Saat ini saya sedang hamil kedua usia 30 minggu (7,5 bln).  Kelahiran
pertama saya melalui operasi caesar (karena kembar dan melintang).  Saat
ini anak saya berumur 2 th 2 bln, berarti saat saya melahirkan nanti,
kurang lebih jarak kelahiran  adalah 2 th, 4 bln.

Masalahnya adalah kalau bisa, dan tidak ada halangan apa-apa, saya ingin
melahirkan dengan cara normal.  Setahu saya, dengan jarak kelahiran 2 th, 4
bln, kita dapat mencoba untuk melahirkan normal (berdasarkan kontrol
terakhir ke dokter, berat janin saya  1900 gr).

Pada saat konsultasi, kelihatannya dokter kandungan saya cenderung
menyarankan saya untuk melahirkan dengan dicaesar lagi.  Saya sebenarnya
agak trauma dengan pasca-operasi.  Karena saya melihat teman-teman yg
melahirkan  normal bisa lebih cepat sembuh, daripada saya yg dioperasi.
Saya pikir, apakah dokter kandungan saya itu mau mudahnya saja, dan maaf
"mata duitan", dikit-dikit operasi, dikit-dikit operasi.
 Sebenarnya ... kalau memang perlu, dan cukup beralasan, saya tidak
keberatan untuk caesar lagi.  Tapi saat ini saya ingin mencoba melahirkan
normal.

Tapi timbul juga kekhawatiran pada diri saya mengenai resiko-resiko yang
bisa terjadi saat melahirkan nanti, misalnya, bekas jahitan operasi pecah,
atau bagaimana.

Mohon saran/tanggapan dari Bpk/ibu sekalian mengenai kekhawatiran saya ini.

Terima kasih sebelumnya.

Salam,
Renny