Terima kasih, Pak untuk Jawabannya.

Menurut hemat saya, soal siapa yang melakukan penukaran barcode tsb tidak
terlepas dengan motivasi dari orang tsb. Siapa yang menyangka bahwa harga
dari ukuran sepatu 38 dan 39 berbeda (selisih 1 ukuran). Dan kalau dilihat
dari nilainya hanya Rp 6.000 dari total belanjanya sebesar sekitar Rp
428.000 betapa piciknya bapak tsb jikalau dia dengan sengaja plus motivasi
yang salah melakukan hal tsb. Saya melakukan simple pooling di kantor saya,
tatkala saya me-email kasus ini ke rekan-rekan di kantor. Dan sebagian besar
mengatakan bahwa hal tsb sangat bisa terjadi dengan diri mereka. Spontanitas
mengambil yang ada tatkala melihat tidak adanya barcode pada barang yang
dituju (apalagi dgn jumlah terbatas, mis. tinggal 1 bh) dan adanya barcode
yang tak bertuan yang berjenis sama.
Sehingga hal tsb menimbulkan 'kengerian' pada mereka jikalau 'keteledoran'
mereka (dan sangat pasti keteledoran MAKRO) itu terjadi dengan mereka
(padahal tanpa motivasi/maksud yang salah) dan mereka akan menerima
perlakuan yang serupa dengan Bpk.Djunaedi.

Sehingga sekali lagi menurut hemat saya, untuk memperbaiki citra MAKRO,
harap systemnya yang diubah yaitu salah satunya system barcode di MAKRO
diubah, sehingga ketidak tepatan barcode dgn barang yang dituju dapat
dideteksi di awal yaitu di Kasir, sehingga kesalahan dapat diperbaiki dengan
baik.
Hal itu kembali bertujuan untuk mencapai tujuan MAKRO itu sendiri yaitu
kepuasan konsumen (Customer Satisfaction) maupun citra yang baik dari MAKRO
di mata konsumen.

# Ingat !, Konsumen adalah Asset yang terbesar yang dimiliki oleh sebuah
perusahaan#

Terima kasih,

-Elida BS-