Karena japri saya cukup banyak pertanyaan tentang lempuyang, saya jawab lewat milis
saja, ya. Habis kalo dijawab satu-satu, entar diomelin boss dong, kerjaan jadi engga
beres-beres.

Lempuyang itu berupa rimpang/akar seperti jahe. Kalau dilihat dari luar bentuk dan
warnyanya persis seperti jahe. Kalau dipotes dan dicium baunya baru ketahuan bedanya,
baunya sangat berbeda dengan jahe. Di Jakarta sangat sulit untuk menemukan lempuyang,
saya sudah sering titip sama mbok di pasar, tapi tidak pernah dapat. Biasanya saya
titip ke Ibu saya di Bogor, di sanapun tidak banyak yang jual, tapi masih ada satu
atau dua orang penjualnya di pasar tradisional. Mungkin kalo di Jakarta bisa minta
tolong sama tukang jamu gendong (barangkali,  sayapun belon pernah coba).

Caranya begini, ambil lempuyang kurang lebih sebesar ibu jari, kupas lalu cuci pake
air mateng (jangan pake air panas), parut, lalu ambil airnya saja, kalau lempuyangnya
udah ketuaan biasanya airnya sedikit, jadi tambahkan saja 1 atau 2 sendok teh air
matang (jangan air panas, sebab nanti patinya akan keluar dan jadi kental kayak
bubur). Campur dengan madu/vitamin lalu berikan pada bayi pagi-pagi sebelum minum
susu/sarapan. Saya biasa memberikan seminggu dua kali. Selain bisa menambah nafsu
makan, juga baik untuk mencegah cacingan. Ohya, hasil parutannya akan berwarna
kekuningan dan rasanya pahit bukan main. Mungkin pertama-tama akan sulit mencekoki
si kecil, tapi lama-lama dia akan terbiasa dengan rasanya, seperti anak saya.

Bagi orang Bogor (saya tidak tahu kalo yang lain), memberikan lempuyang kepada bayi
sudah merupakan tradisi (hehehekayak iklan biskuit roma jadinya). Karena ini alamiah,
saya rasa tidak ada salahnya untuk dicoba.  Selamat mencoba !

Mama Jonathan