Berhubung japri saya juga kebanjiran pertanyaan seputar ini, saya sampaikan lewat
milis saja ya.

Aduh kok saya jadi merasa seneng ya, ternyata banyak juga bayi yang engga doyan
susu, tadinya saya pikir cuma putra saya  aja yang aneh. Rasa frustasi akhirnya
menimbulkan kreativitas, dalam hal ini besar sekali peranan ibu saya, beliau yang
paling sering mencoba-coba mengutak-atik susu supaya bisa masuk ke perut anak saya.
Yang saya utamakan di sini adalah (satu) anak saya mau minum susu dalam jumlah yang
cukup bagi seusianya, (dua) entah gimana caranya kalo bisa susu yang kelihatan banyak
itu disulap jadi kelihatan lebih sedikit (padahal sama banyaknya), (ketiga) kalo
bisa ditambahkan bahan bergizi lainnya supaya sekali dayung dua-tiga pulau
terlampaui.

1. Modifikasi pertama : susu plus tepung hunkwe.

Buat 200 cc susu formula. 150 cc di-didihkan diatas wajan, sisanya (50 cc) diberikan 1
takaran (saya pake takaran promil) tepung hunkwe, ditambahkan garam sedikit sekali.
(biar gurih dan enak). Setelah susu yang diwajan mendidih, kecilkan api lalu masukkan
susu yang sisa sambil diaduk terus, tidak lama susu akan mengental dan mendidih.
Matikan api. Aduk terus bubur susu itu sampe dingin, kalo belum dingin udah berenti
ngaduknya, nanti bubur susu itu akan berkulit dan kalo diaduk jadi brindilan.
Kalau kita membuatnya dengan benar, maka bubur susu itu akan lembut dan rata. Setelah
jadi, bubur susunya paling tinggal 170 cc. Lumayan kan, agak berkurang sedikit
karena mengental. Pertama-tama pasti masih bingung membuat perbandingan yang pas
antara susu dan tepung hunkwe, tapi lama-lama pengalaman akan mengajarkan kita.
Perhatikan juga si kecil lebih suka kental atau agak encer.

Tepung hunkwe itu bergizi tinggi karena terbuat dari sari kacang hijau, merek yang
bagus (menurut pengalaman saya dan orang lain) adalah merek bunga. Dijual terbungkus
kertas warna putih, bentuknya seperti lontong.

Untuk menambah gizinya, seminggu dua kali saya campurkan dengan merah telur ayam
kampung. Caranya, masukkan merah telur ayam ke dalam susu yang 50 cc plus tepung
hunkwe (tapi dikurangi =-takarannya, karena telurkan bikin kental juga). Masak seperti
biasa. Kalau jadinya benar, telurnya akan rata tidak brindilan.

Setelah anak saya berusia 9 bulan, kadang-kadang saya tambahkan satu sendok teh
ovaline/milo sebagai selingan. Kata DSA-nya boleh saja, sepanjang dia suka dan
perutnya engga protes.

2. Modifkasi kedua : susu plus havermouth

Cara masaknya sama seperti tepung hunkwe, hanya saja havermouthnya dihaluskan dulu.
Masukkan saja havermouth (sedikit-sedikit) ke dalam blender, tapi jangan dikasih air.
Putar blendernya, ulang-ulang sampai havermouthnya halus, simpan di botol kering.
Kalau mau pake kan sudah siap. Biasanya saya tambahkan sedikit garam juga ke dalam
adonan plus sedikit madu supaya agak manis. Untuk perbandingannya bisa dicoba-coba.

Havermouth ini kan gizinya juga sangat tinggi, lagipula baik bagi si kecil mengenal
sebanyak mungkin jenis makanan sejak dini.

3. Modifikasi ketiga : susu plus tepung maizena

Caranya masih sama seperti di atas. Hanya saja , kalau si kecil doyan yang
dingin-dingin, bisa kita buat bubur yang lebih encer (maizenanya sedikit sekali) plus
merah telur dan gula/madu, lalu masukkan ke lemari es. Jadinya kan kayak val pudding.
Anak saya doyan sekali yang kayak gini.

4. Modifikasi ketiga ; susu plus agar-agar

Buatlah seperti poding, hanya saja banyakin susunya dan kurangi agar-agarnya, supaya
jadinya lembut, tidak terlalu keras. Untuk rasanya, bisa divariasikan semau si kecil
(atau semau ibunya???). Dimakan dingin-dingin rasanya enak sekali lho. Kalo terlanjur
bikin kekerasan, di parut saja pake parutan keju ditambahkan vla nya (resep no 3).

5. Modifikasi keempat : susu plus tepung beras

Ini namanya bubur sumsum, buatnya persis resep yang lain, tapi tambahkan sedikit
madu/gula merah cair. Hmmmlezat lho !

Oh ya, semua resep ini gampang dan cepat membuatnya, biasanya saya buatkan ini sebagai
sarapan untuk putra saya.

Selamat mencoba, semoga si kecil doyan.salam !

Mama Jonathan