Pak Satria

Ketika saya mengandung, mulai usia kandungan 6 bulan, sudah terasa nyeri
pinggul bagian belakang juga nyeri pada tulang ekor. Saya tidak berani
mengurut/memijat karena takut akan terjadi tekanan pada janin. Jadi biasanya
kalau lagi nyeri, saya usapkan Counterpain/Yoko yoko.

Sewaktu beranjak bangun dari tempat tidur, usahakan membalikkan tubuh
kesamping dulu baru bangun dengan arah miring/samping. Hindari tidur
terlentang, karena berat janin akan menambah beban pada tulang pinggul dan
tulang punggung. Dokter juga menyarankan tidur miring dengan posisi kaki
memeluk bantal/guling.

Kalau duduk, usahakan mengganjal bagian pinggul/tulang ekor dengan bantal
sehingga tulang belakang sedikit rileks.

Demikian saja info dari saya.

BR
Fenny