Dear papanya Ghozy

Yang pernah saya dengar, bila bayi mengalami batuk dan dahak terlalu banyak,
maka akan dilakukan chocking. Ditepuk dengan keras dibagian punggung
sehingga bayi bisa memuntahkan dahak tsb. Tetapi kita harus tegaan, soalnya
dengan mendengarnya saja saya sudah ngeri. KAsihan kan si dedek. Tetapi
mungkin kalau dahaknya sedikit, DSA pasti mempunyai cara lain untuk
mengeluarkan dahak (apakah maybe dengan obat penghancur, etc. etc). Bagusnya
di periksakan ke DSA aja deh pak.

Salah satu cara untuk mencegah timbulnya dahak adalah sewaktu pemberian susu
(ASI atau PASI) dengan posisi setengah bersandar. Dan setelah selesai minum
susu, diberi air putih sedikit.

Demikian saja yang ketahui, semoga dedek cepat sembuh.

Salam
Fenny