Bapak, agak sedikit kurang jelas nih. Kenapa bisa ada dahaknya, apakah bayinya sedang
batuk/pilek ? Kalau memang sedang batuk/pilek, harus dibawa ke DSA, minta obat
pengencer dahak, supaya dahaknya bisa dikeluarkan.

Kalau tidak batuk/pilek, mungkin bayinya alergi terhadap sesuatu. Coba perhatikan,
apakah di tempat tidur/ di tempatnya biasa bermain ada boneka yang berbulu, selimut
tebal, gorden tebal atau karpet ? Kebetulan, beberapa waktu yl. putra saya (16 bulan)
juga banyak dahaknya. Waktu imunisasi saya tanyakan pada DSA dan dia mengajukan
pertanyaan diatas. Saya ingat baru sekitar 2 minggu saya pasang karpet di ruangan tv.
Begitu karpetnya saya singkirkan, dahaknya juga hilang begitu saja.

Sebagai info, saudara saya putrinya (waktu itu di bawah setahun usianya) sering sekali
berdahak, sampai-sampai jadi susah makan. Lalu dibawa ke tukang urut terkenal di Bogor
(ibu Tardi). Setelah diurut beberapa kali, keluarlah dahaknya, banyak sekali. Sehabis
itu, nafsu makannya membaik, tidak pernah berdahak lagi (kecuali lagi batuk/pilek).

Segitu aja infonya, Pak. Semoga berguna...salam !

Mama Jonathan