Dear mb. Rindawati,
Untuk pernapasan senam hamil sebaiknya didampingi oleh instruktur senam
tersebut, karena untuk menjelaskan dengan kata-kata agak sulit
menjelaskannya dan akan lebih baik jika praktek langsung. Istri saya
waktu hamil ikut senam hamil dan itu sangat membantu sekali dalam proses
persalinan meskipun pada saat detik-detik terakhir lupa semua apa yang
telah diajarkan, nah disini peran suami sangat dibutuhkan untuk
mengingatkan istri tentang pernapasan ketika persalinan (tidak semua
rumah sakit mengijinkan suaminya mendampingi istri pada proses
persalinan, kebetulan saya diijinkan ikut mendampingi istri saya pada
waktu itu).
Jadi saya sarankan ibu untuk ikut senam hamil dan jangan lupa untuk
dilatih kembali dirumah untuk gerakan2/pernapasan2 tertentu, insya Allah
proses persalinan akan berjalan lancar. Kami waktu itu ikut senam hamil
di RS. MMC Kuningan, suami disarankan ikut mendampingi istri, biaya 16
ribu sekali pertemuan tiap Sabtu jam 8-10 pagi.

salam hangat,
andi