Mbak Rinda,

saya juga sependapat bahwa mendingan mbak ikutan senam hamil aja deh. Saya sangat
merasakan manfaatnya,lho. Perawat yang membimbing juga mengatakan bahwa dari data
statistik kelihatan bahwa ibu yang mengikuti senam hamil mengalami persalinan yang
lebih mudah. Soalnya ibu itu lebih pe-de, karena sudah dibekali dengan banyak
pengetahuan. Sewaktu saya senam hamil, saya melakukannya di rs. graha medika. Biayanya
waktu itu 60,000 untuk satu minggu dua kali sampai melahirkan, tidak dibatasi
waktunya. Biasanya ibu-ibu mulai senam hamil waktu kehamilannya sudah 7 bulan. Selain
diajari gerakan senam dan olah nafas, juga ada dokter yang selama 30 menit memberikan
banyak informasi seputar kehamilan, persalinan dan mengurus bayi. Lalu ada juga
pemutaran film. Pokoknya menarik sekali, saya suka rindu lho suasananya. Apalagi saya
jadi banyak teman, bahkan ada yang sampai sekarang jadi sahabat baik saya. Lalu, kalau
ada yang sudah melahirkan atau dalam proses persalinan, peserta akan diberit!
ahu oleh perawat pembimbing. Lalu kita rasanya gimana gitu, mengetahui salah seorang
teman kita sudah melahirkan atau sedang berjuang dalam persalinan.

Pokoknya, manfaatnya banyak sekali. Bukan mau nyombong lho, proses persalinan saya
super kilat. Mulesnya kurang dari 4 jam, padahal anak pertama lho. Lalu,
mengejannya...bener lho mbak...cuma satu kali. Dokternya saja sampai tanya sama
saya...ibu senam hamil dimana sih...kok mengejannya pinter sekali. Makanya walaupun
saya melahirkan normal, saya engga tahu tuh gimana susahnya mengejan apalagi sampe
keringetan segala. Engga sempet....dokter dan susternya aja engga pake ngasih aba-aba
segala, sekali ngejan...langsung anaknya keluar (beratnya 3,1 kg dan tb 50 cm...cukup
besar untuk saya yang kecil mungil).

Jadi, saran saya....ikutan senam hamil aja deh.

salam manis

mama jonathan

On Tue, 4 Jan 2000 08:36:34    Dwiwati Mulyani wrote:
>Waktu saya ikut senam hamil dulu, yang diajarkan adalah tarik nafas lewat
>hidung, buang lewat mulut. Kalau sudah mulai mules-mules, sampai melahirkan
>(kalau normal), terus bernafas seperti itu. Semasa hamil, saya sering
>mempraktekkan sepeti itu, tapi berhubung saya melahirkannya lewat caesar, tidak
>pakai cara bernafas sepeti itu.

LYCOShop is now open. On your mark, get set, SHOP!!!
http://shop.lycos.com/