trims, pak bagus, anda mengingatkan:-)
saya kutipkan lagi nih dari homepagenya balita-anda.

http://www.balita-anda.indoglobal.com/kenapa.html
>KENAPA PERMOHONAN SUBSCRIBE / UNSUBSCRIBE BISA GAGAL?
Anda berminat menjadi anggota sebuah milis, tapi tak tahu bagaimana
caranya? Sebaliknya, Anda juga sering kesal karena Anda sudah merasa
mengunsubscribe milis, tetapi Anda masih tetap menerima posting? What's wrong?
Beberapa kali milis Balita-Anda juga menerima pesan bernada kesal seperti
itu, yang disebarkan melalui milis atau melalui jalur umum. Salah satu di
antaranya,

Pak Admin,
Tolong nama saya diunsubscribe-kan dari keanggotaan. Saya telah mengirim
pesan unsubscribe berkali-kali tetapi masih tetap menerima pesan sampai
hari ini.

>Ada beberapa kemungkinan kenapa sebuah permohonan subscribe/ unsusbcribe
gagal. Antara lain:

>1. Tidak tahu bahwa untuk setiap permohonan baik untuk subscribe atau
unsusbcribe seyogyanya harus mengirim email kosong ke:
[EMAIL PROTECTED],(untuk subscribe) atau
[EMAIL PROTECTED], (untuk unsubscribe) yang biasanya
tertera di bagian bawah (footer) setiap posting.

>2. Alamat email yang digunakan untuk unsubscribe tidak sama/ berbeda
dengan alamat email yang digunakan sewaktu subscribe.

>3. Pemohon tidak menjalani prosedur yang harus dilalui, antara lain,
mengirim balik (reply), confirm message atau pesan bersubyek: confirm
subscribe to [EMAIL PROTECTED] atau: confirm unsubscribe to
[EMAIL PROTECTED]

>BAGAIMANA SUPAYA PERMOHONAN SUKSES?
>
>Jika Anda berminat untuk berlangganan (subscribe):
>
>1. Kirim email kosong ke: [EMAIL PROTECTED]
dimaksud email kosong adalah: bagian 'subject' dikosongkan, tidak perlu
diisi apa-apa, dan bagian body juga dikosongkan.
>2. Selanjutnya Anda akan menerima kiriman pesan dari milis ini, dengan
subject: confirm subscribe to [EMAIL PROTECTED] Pesan ini harus
Anda kirim balik (reply), dengan menghapus bagian body-nya. Maksud
pengiriman balik ini adalah untuk mencek, apakah alamat email yang Anda
gunakan sudah benar atau tidak.
>3. Sesudah itu, jika alamat email Anda benar, maka Anda akan menerima
kiriman pesan berikutnya dengan subject: WELCOME to
[EMAIL PROTECTED], yang juga biasa disebut sebagai Welcome
Message. Di dalamnya terdapat informasi berguna, yaitu, alamat email yang
Anda gunakan dalam milis Balita-Anda.
>4. Simpan Wecome Message ini. Gunanya, jika suatu hari Anda berniat untuk
menyundurkan diri dari keanggotaan milis (unsubscribe), Anda menggunakan
alamat email yang tertera di situ.

>Jika Anda berminat untuk berlangganan (subscribe):
>
>Lakukan prosedur di atas dengan mengganti subscribe menjadi unsubscribe.
>

>Jika permohonan masih juga gagal?
>
>Jangan kirim kekesalan Anda melalui milis atau jalur umum. Selain tidak
etik, juga akan mengganggu jalannya diskusi yang sedang berlangsung di
milis. Kirimlah email melalui japri (jalur pribadi) ke admin milis, dengan
alamat email: [EMAIL PROTECTED]

>Admin akan memeriksa, apakah Anda sudah melakukan prosedur secara benar
atau tidak. Jika tidak, Anda akan diberi penjelasan teknisnya.

yang ini tentang kebijakan milis:
dikutip dari:
http://www.balita-anda.indoglobal.com/kebijakan.html

>Kebijaksanaan Mailing List Balita-Anda
>

>Subscribe dan Unsubscribe
>
>Setiap permintaan berlangganan tidak akan diperiksa dahulu oleh moderator.
>Moderator diizinkan untuk melakukan subscribe/unsubscribe pelanggan
mailing list dari alamat emailnya.
>Mailing list ini terbuka, setiap user dapat mengajukan permintaan
subscribe ke alamat [EMAIL PROTECTED], dan unsubscribe
ke alamat [EMAIL PROTECTED]
> [...]
diizinkan.
>Tidak diperkenankan melakukan posting ke mailing list dengan menggunakan
field Bcc.
>Ukuran email minimal yang diizinkan adalah 4 bytes, maksimal 40000 bytes.
>Posting yang berasal dari alamat yang terdapat di database extra akan
selalu diterima.
>Posting yang berasal dari alamat yang terdapat di database blacklist akan
ditolak.

>Pengiriman Email
>
>Mailing list ini dapat diset untuk menghapus header email yang tidak
diperlukan dan menambah header yang diperlukan.
> [...]
>Nomor posting tidak ditampilkan di header email.
>Pengirim mail ke mailing list akan mendapatkan email hasil postingnya.
>Setiap posting akan ditambahkan prefiks [balita-anda] di subjeknya.
>Setiap posting akan ditambahkan footer/trailer.
>

>Digest
>
>Mailing list digest tidak diaktifkan.
>

>Arsip dan Index
>
>Setiap posting ke mailing list ini akan diarsipkan.
>Program mailing list akan membuat index subjek dan pengirim dari setiap
mail yang masuk.
>Hanya pelanggan dan moderator yang diizinkan untuk mengakses arsip mailing
list http://www.mail-archive.com/balita-anda@indoglobal.com/

mudah2an membantu.
maaf bagi yang terganggu.
silakan lanjutkan diskusi,