Mama Irvan,
Memang mulai 2 tahun anak sudah memiliki kemampuan
berimajinasi dan merupakan loncatan kemajuan dalam
sistem otaknya untuk mempersonifikasikan dirinya dan
benda lain menjadi orang yang berbeda, jadi kita harus
memberikan dukungan yang positif kepada anak terutama
dalam mengajarkan hal-hal yang baik. Memang ada batas
dimana kita harus menghentikan imajinasi anak jika
sudah mengarah ke hal yang tidak positif misalnya
menyalahkan bonekanya yang menumpahkan susu dan hal
lain yang cenderung melemparkan kesalahan kepada tokoh
imajinatif nya tersebut. Imajinasi seseorang tidak
akan berhenti, hanya berubah ke bentuk yang lebih
matang, orang dewasa pun kadang berimajinasi dan
imajinasi yang merupakan ciri khas perkembangan otak
kanan dapat membuat orang menjadi kreatif.
Yang perlu diperhatikan adalah bahan bacaan, acara
televisi, dan perilaku orang dewasa di sekitar anak
harus baik agar si anak mengarahkan imajinasinya ke
hal-hal yang baik. Tidak semua acara anak di TV  baik
untuk perkembangan anak, hindari adegan orang dewasa
dan adegan kekerasan karena akan berdampak buruk pada
anak.
Di AS malah saya pernah membaca sekolah yang
mengakomodasi perkembangan ini disebut
Pretend/Imaginative play school.
Sebagi orang tua kita bisa ikut dalam permainan
imajinasi mereka sehingga secara tidak langsung
mengarahkan anak ke perilaku yang positif.
Beberapa artikel nya bisa dibaca di
http://www.family.com, dapat dicari artikel tentang
pretend play melalui search engine. Semoga berguna

Mamanya Dafi