Dear Papi Mathew,
Kebetulan waktu anak saya sakit, saya sempat menanyakan ke DSA kami
mengenai daya tahan obat dan susu formula yang sudah dibuka dan
diinformasikan bahwa sebaiknya digunakan paling lama 3 bulan, karena
akan selalu terkontaminasi dengan udara sekitar setiap kali membuka
tutupnya. Makanya disimpan di tempat yang sejuk dan diruang yang agak
jauh dari jalan raya. Memang di kaleng/bungkusnya tertera batas
kadaluarsanya, tapi itu untuk ketahanan susu/obat dalam tempat yang
kedap udara, begitu dibuka udara sekitar akan masuk, maka sebaiknya
dihabiskan maximal paling lama 3 bulan.
Saya pernah punya pengalaman sewaktu saya masih kuliah, ibu saya
membelikan susu Dancow instant ukuran 1,8 kg. Ketika saya malas dan
tidak sempat saya minum hampir sebulan lamanya, kemudian saya ingin
minum susu lagi dan saya buka kalengnya...ternyata dibagian atas susu
bubuk tsb sudah mulai kelihatan jamur dan terjadi perubahan warna
walaupun tidak semuanya, akhirnya tidak jadi saya minum dan saya buang
langsung, mungkin masih tersisa 1 kg lebih deh waktu itu. Waktu itu saya
kuliah di Bandung, suhu udara sekitar mungkin berpengaruh. Hal yang sama
mungkin dapat saja terjadi pada susu bubuk formula bayi.
Demikian sharing pengalaman saya, semoga bermanfaat.

salam hangat,
andi

-- Situs sulap pertama di Indonesia http://www.impact.or.id/dmc-sulap/