Dear Mbak Mira,
Anak saya tumbuh gigi sejak umur 5 bulan dan waktu umur 1 tahun, 2 gigi
atasnya kuning dan terkesan jorok. Saya bawa ke dokter gigi dan kata dokter,
warna kuning tsb adalah tanda2 gigi akan keropos dan lama2 gigis. Ini
disebabkan karena susu dan makanan yang manis2 yang dia konsumsi. Padahal
saya nggak pernah memberi permen lho........Dokter menyarankan jangan
memberi susu formula saat anak akan tidur / pas lagi tidur. Kalaupun
terpaksa, setelah minum susu kita berikan air putih dan kita harus rajin
membersihkan gigi dan gusinya dengan cutton bud / kapas  yang dibasahi air
hangat.
Sejak saat itu saya tidak memberi susu kalau dia mau bobo. Jadi jadwal minum
susu dimajuin dan perhatiannya kalo mau bobo saya alihkan dg mendongeng /
menyanyi.
Sekarang dia berumur 2 tahun dan kegiatan gosok gigi dg pasta gigi terutama
menjelang tidur masih dia lakukan walaupun ada kalanya dia ngambek ngga mau.
O ya waktu itu dokter memberi semacam lapisan tipis pada gigi anak saya
supaya tidak tambah keropos dan menyarankan agar kita rajin bawa dia kontrol
6 bulan sekali.
Saran saya kalau mbak Mira lihat ada tanda2 keropos bawa aja ke dokter gigi,
sekalian biar dia nantinya terbiasa ke dokter gigi......btw susah lho anak
mau diperiksa ama dokter gigi yang punya peralatan serem2.......
Semoga pengalaman saya bermanfaat.
-----------
Dear netter
Saya mempunyai anak yang berumur 2 tahun ,sejak gigi nya mulai tumbuh
sekitar delapan yang terdiri empat gigi atas dan empat gigi bawah saya
sudah mengajarinya untuk mengosok gigi  dan sampai kinipun dia masih
rajin gosok gigi walaupun di bantu oleh pembantu . Tapi sekarang saya
bingung karena lapisan gigi anak saya sudah mulai kelihatan kuning
.apakah ini ada pengaruhnya dengan pemakaian pasta gigi ? Atau perubahan
ini terjadi di setiap balita karena  masih gigi susu.
saya mohom masukan dari netter mungkin

Regards,
 <<...>> Ninin Kristanti
Network Operation & Maintenance Celullar
Telp. 021-5331993/4 Ext. 6418
Fax. 021-5332914
HP. 0816-804942
e-mail: n_kristanti@satelindo <mailto:n_kristanti@satelindo> . co.id