Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

Saya jadi ingat keponakan sahabat saya.  Beberapa tahun lalu, waktu Saya
tidur di rumah sahabat saya itu keponakannya (laki-laki, waktu itu umurnya
sekitar 2,5 tahun) Saya mandikan, kebetulan kami sangat dekat.  Saya kaget
waktu lihat puting payudara bagian kiri berbeda dengan bagian kanan, di
payudara kirinya itu sepertinya putingnya ngga ada, benar-benar rata dan
kelihatan banget berbeda.  Ketika Saya tanya sama sahabat Saya dia cerita
katanya putingnya itu dipencet oleh si pengasuhnya keponakannya waktu bayi.
Waktu itu keluarga sahabat Saya itu ngga tahu, dan ketika tahu puting
keponakan saya terluka, keluarga sahabat saya itu marah.  Mereka ngga ngerti
(tidak mendapat penjelasan yang jelas dari pengasuhnya kenapa dipencet),
untungnya katanya baru satu puting saja (ngga tahu apakah puting yang
satunya sempat dipencet atau tidak).
Maaf Saya menceritakan ini karena terus terang selama ini Saya dan keluarga
(keluarga sahabat saya juga) tidak pernah mendengar cerita harus
mengeluarkan air susu dari payudara bayi.  Saya hanya takut kalau salah
pencet malah jadi kayak keponakan sahabat saya itu, bisa dikatakan jadi
cacat putingnya.  Nah kalau anaknya perempuan kan kasihan.  Anak Saya juga
(laki-laki) tidak pernah saya pencet payudaranya, alhamdulillah tidak
apa-apa.

Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.
Anna Dwiyana