Mama Vadi:
Saya cuma mau bagi pengalaman aja waktu anak saya di imunisasi DPT dulu.
Menurut susternya imunisasi DPT Polio itu di anggap bagus bila setelah
beberapa hari muncul bulatan seperti bisul (agak merah).

Sanya:
Pada suntikan DPT memang bisa timbul bengkak, merah, sakit, tapi ini masih
dalam batas normal, karena reaksi tubuh masing-masing anak berbeda. Benjolan
yang timbul kadang-kadang baru hilang setelah beberapa minggu. Hal ini juga
dialami anak saya, setiap kali menerima suntikan DPT, timbul benjolan dengan
diameter ± 5 cm, memang cukup meresahkan, tetapi benjolan ini hilang setelah
4 minggu, saya hanya berikan kompres hangat setelah meyakinkan tidak ada
infeksi.
Bedanya suntikan DPT dan BCG, suntikan BCG yang dianggap berhasil, justru
harus timbul benjolan dan akhirnya terbentuk scar. Suntikan BCG harus
diulang jika scar
ini tidak terbentuk.

Salam,
Sanya