Saya ada kumpulan dari netter semua mengenai persiapan kelahiran :
     Persiapan Ibu Melahirkan :

     A. Untuk Bayi :
     - Popok
     - Perlak
     - Kain untuk bedong
     - Baju Bayi lengan pendek
     - Baju Bayi Lengan Panjang
     - Baju Bayi tanpa lengan
     - Celana pendek bayi
     - Topi
     - Sarung kaki & Sarung tangan
     - Gurita
     - Minyak Telon ( Utk Bayi )
     - Susu Formula ( Jika dibutuhkan )
     - Botol Susu     ( utk Bayi, jika dibutuhkan ) - Bedak Bayi
     - Sabun Bayi
     - selimut
     - kapas (disiram air mendidih dan ditempahkan pada dua
     wadah terpisah) untuk membersihkan alat kelamin dan pantat setelah
     pipis atau pub, dan untuk membersihkan mulut setelah disusui
     - sisir
     - kain kasa dan alkohol (kalau2 sampai pulang ke rumah
     masih belum puput)
     - tudung saji
     - bantal buat menggendong
     - bak mandi bayi
     - baby oil atau minyak kelapa
     - waslap untuk mandi
     - sapu tangan
     - Celana panjang => bila cuaca hujan
     - Baju untuk pergi ke dokter biasanya setelah usia 2 minggu
     harus kontrol ke dokter
     - Selimut bayi
     - Tas bayi
     - Gendongan bayi dari kain panjang
     - Kapas gelondongan => untuk cebok bila BAK maupun BAB
     Handuk bayi
     - Ember mandi
     - Kelambu
     - Botol susu
     - Sikat pembersih botol
     - Kain kasa => untuk menutup tali pusar yang belum puput    - Alkohol
     70% => untuk tali pusar yang belum puput
     - Betadin => untuk tali pusar yang belum puput - Peniti bayi
     - Waslap
     - Tadah liur
     - Shampo bayi
     - Sabun bayi cair
     - Sabun bayi batangan
     - Baby oil
     - Minyak telon
     - Sisir bayi
     - Bedak bayi
     - Cotton buds
     - Bantal bayi
     - Guling bayi

     B. Untuk Ibu :
     - Minyak Kayu Putih ( Utk Ibu )
     - Gurita Ibu
     - Kain sarung
     - kapas yang telah disiram air panas dan ditempatkan pada
     wadah khusus, untuk membersihkan puting sebelum menyusui
     - breast pad atau bisa juga sapu tangan handuk - kemeja, sarung,
     gurita dan perlengkapan mandi - Bebengkung
     - Gurita Ibu
     - Celana dalam sekali pakai => untuk digunakan selama di RS - Pembalut
     wanita => untuk digunakan setelah dari RS
     - Kain panjang & sarung
     - Tutup ASI/breast pad
     - BH menyusui
     - Kemeja

     Tambahin nih,
     - popok & kain bedong bawanya jangan satu-satu lho. -bantal bayi -
     bedak
     - Payung
     - Kain untuk gendong
     - Baju dan celana bayi sih ndak terlalu penting, toh nanti di bedong -
     - betadin
     - Pembalut untuk ibu  yang habis melahirkan
     - Baju ibu/daster dengan kancing di depan, untuk menyusui
     - Persiapkan kendaraan/ RS terdekat/Alternatif lain apabila bapaknya
     lagi ngantor Selamat menanti si kecil,

     Selamat menanti kelahiran anak anda.