From: Syamsumarlin (kem) [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Wednesday, March 22, 2000 9:40 AM
To: '[EMAIL PROTECTED]'
Subject: RE: [balita-anda] Step

Saya punya pengalama, anak saya step 2 kali sekarang berumur 2,5 tahun.
Pertama step saat berumur 11 bulan, erakhir  awal bulan ini.
Jika anak mulai demam dan semakin meninggi kita sudah harus waspada. Jika
berada di rumah siapkan saja irisan bawang merah dan minyak kelapa
dibalurkan ke kepala dan jidat untuk penurun panas. Jika anak sampai step
usahakan lubang dubur di tutup, urut alis ke arah luar. Kata orang kalau
lubang dubur terbuka bisanya nafas keluar dari situ dan berakibat kematian
(ajal di tangan Tuhan). Ada juga yang pesanin sejak kecil balita dibiasakan
minum kopi kalau perlu keraknya kopi sisa minum bapaknya (secara medis entah
ya).
Nah, ... waktu anak saya step kemarin saya lagi antri untuk periksa di
dokter, Lagi asyik ngantri tiba-tiba anak saya kejang alias step, langsung
saja saya serobot antrean, Sama DSA dikasih obat puyer penurun panas sama
obat yang di masukkan lewat dubur. Saya lupa nama obatnya. Mungkin ada rekan
yang masih ingat.
Oh ya, sebagai pencegahan agar panas tidak meninggi, periksa semua
persendian dan otot bayi, jika ada yang keras harap diurut pelan-pelan.
Utamanya di dareah betis, lengan, punggung.
Segitu sharing saya. Mungkin ada yang punya pendapat lain.
Jangan lupa berdoa jika anak step dibarengi usaha.

Wassalam