Yang pernah saya dengar, bila bayi mengalami batuk dan dahak terlalu banyak, maka
akan dilakukan chocking. Ditepuk dengan keras dibagian punggung sehingga bayi bisa
memuntahkan dahak tsb. Tetapi kita harus tegaan, soalnya dengan mendengarnya saja
saya sudah ngeri.
Mucopet sebenarnya bukan obat batuk tapi pengencer dahak sehingga bila dahaknya
hilang otomatis batuknya hilang . Biasanya setelah minum anak akan berasa muntah,
dan yang keluar ya dahak itu.
Salah satu cara untuk mencegah timbulnya dahak adalah sewaktu pemberian susu (ASI
atau PASI) dengan posisi setengah bersandar. Dan setelah selesai minum susu, diberi
air putih sedikit.

Demikian saja yang ketahui, semoga dedek cepat sembuh.