> saat ini kami sedang menunggu kelahiran putra kami yang muda
> mudahan tidak lama lagi.
> Tapi sayang posisi bayi tidak mau normal alias masih sungsang dan dokter
> menunggu waktu seminggu lagi untuk memastikan apakah persalinan bisa
> dilakukan secara normal atau harus operasi.
> Yang ingin saya tanyakan kepada rekan2 sekalian, bahaya 'gak sich operasi
> caesar itu, gimana perawatan terhadap sang ibu setelah operasi, dan berapa
> lama luka jahitannya akan kering. Apakah benar kebanyakan anak pertama
> sungsang.
> Mohon pendapatnya...terima kasih.

> [...]
Bapak Ronny,
        Saya mempunyai pengalaman melahirkan ke dua anak saya dengan bedah
kaisar. Pembedahan pertama terpaksa dilakukan karena ada masalah dengan anak
saya, dan pembedahan kedua dilakukan karena jarak yang terlalu dekat dengan
kakaknya.
        Saya semata-mata hanya akan membagi pengalaman saya tersebut.
        Saat bedah kaisar yang pertama, saya tidak merasakan apa2 (karena
saya sudah keburu tidak sadarkan diri). Setelah sadar, saya merasakan sakit
karena merasa tidak nyaman dengan kondisi saya.
        Tapi dokter mengatakan semua berjalan dengan baik dan lancar.
Alhamdulillah.....hanya itu yang bisa saya katakan.
        Pembedahan pada persalinan yang kedua berjalan biasa saja. Saya saat
itu hanya dibius lokal. Selama pembedahan berlangsung, saya bisa bercakap2
dengan para dokter dan suster.
        Rasa sakit bedah kaisar biasanya dirasakan dua hari setelah
pembedahan, dan hal ini relatif dirasakan oleh para ibu yang mengalaminya
(saya katakan relatif, karena ada juga yang tidak merasakan sakitnya secara
berlebihan).
        Bahaya bedah kaisar hampir tidak ada, namun bahaya pasca pembedahan
adalah biasanya terjadinya infeksi luka jahitan. Hal ini dapat terjadi
apabila luka terkena air. Maka biasanya, luka operasi diverban dengan verban
yang tahan air (waterproof-verban).
        Sebaiknya, konsultasikan kepada DSOG anda apa pun yang anda dan
istri rasakan dan khawatirkan.
        Tidak benar kebanyakan anak pertama sungsang.
        Demikian sharing dari saya semoga istri anda melahirkan dengan
sehat, lancar dan selamat.
        Selamat menantikan kehadiran buah hati anda tercinta.

        Salam,
        dhani