Pak Ronny,

     Saya melahirkan kedua anak saya (3,5 dan 4,5 tahun) melalui bedah caesar.
     Tapi bukan berarti kalau anak pertama caesar terus selanjutnya juga harus
     caesar lho. Keduanya dilahirkan melalui operasi karena kedua terlilit tali
     pusar.
     Yang pertama karena tidak ada mulas setelah dirangsang dengan infus selama
     +/- 7 jam, setelah dipecah ketubannya baru saya merasakan mulas. Saat itu
     baru terdeteksi bahwa bayi terlilit tali pusar sehingga tidak maju (tidak
     ada pembukaan).
     Yang kedua tadinya mau dilahirkan secara normal karena mulasnya sudah
     setiap 5 menit. Tetapi setelah dipecahkan ketubannya ternyata air
     ketubannya sudah berwarna hijau (menurut DSOG saya karena bayinya sudah
     'stress' di dalam) sehingga harus segera dikeluarkan.

     Menurut pengalaman saya, rasa sakit pada bekas jahitan dirasakan setelah
     pengaruh obat biusnya hilang (pada kelahiran pertama tidak sesakit waktu
     kedua). Namun demikian, selama ibu tidak merasakan pusing (pada kelahiran
     pertama saya merasakan pusing sampai pulang dari RS), 24 jam setelah
     operasi saya diwajibkan latihan jalan.  Memang pertama kali latihan jalan
     jahitan akan terasa nyeri, tetapi sebaiknya ibu jangan menyerah, teruskan
     latihannya, lama kelamaan rasa nyeri akan hilang (nggak lama kok, paling
     1-2 hari aja). Kalau tidak langsung dilatih jalan, jahitannya akan
     terlanjur kaku, sehingga pada saat ibu harus jalan akan terasa lebih sakit
     (hal ini saya alami setelah kelahiran pertama).

     Yang saya rasakan paling menyebalkan setelah operasi ceasar adalah
     menunggu, maaf, buang angin (kentut) pertama setelah operasi. Sebab,
     sebelum si ibu mengalami hal tsb (kentut maksudnya), maka ibu tidak
     diperkenankan minum. Padahal setelah sadar dari bius, hal pertama yang
     dirasakan (selain rasa nyeri) adalah rasa haus.

     Yang penting ibu tidak perlu takut, banyak berdoa akan sangat berguna,
     pasrah pada Yang Maha Kuasa.  Bapak juga sambil menunggu ibu dioperasi
     sebaiknya banyak berdoa.

     Setelah anak kita lahir, rasa sakit yang dirasakan akan terhapus digantikan
     dengan rasa bahagia yang tak terbayangkan sebelumnya.

     Demikian sharing dari saya. Mudah-mudahan berguna.

     Salam,
     Diary, ibunya Ibra & Aisyah.