Mengenai penggunaan tangan kanan dan kiri, dari beberapa artikel yang pernah saya baca
plus keterangan dari adik saya (guru tk di international school), pada balita belum
dapat ditentukan apakah dia bakal jadi right or left handed. Balita masih suka
menggunakan kedua tangannya untuk macam-macam kegiatan.

Berdasarkan itu, saya tidak mau terlalu memaksakan anak saya untuk selalu menggunakan
tangan kanannya. Tapi, saya juga tidak mau dia jadi di-cap tidak sopan atau diajarin
karena suka menggunakan tangan kirinya. Jadi, saya tetap mengajarkan padanya mana
tangan yang kanan dan mana yang kiri. Lalu kalau dia menerima atau memberi sesuatu,
apalagi kalo bersalaman, saya akan memintanya menggunakan tangan kanan. Tapi, saya
tidak menamakan tangan kanan itu tangan bagus atau manis dan tangan kiri itu tangan
jelek. Mana saya tau kalau ternyata anak saya nantinya kidal, sebab kalau memang dia
kidal saya tidak akan memaksannya jadi right handed, and dia engga perlua merasa
bersalah atau berdosa karena lebih suka menggunakan tangan jeleknya dari pada tangan
bagus atau tangan jelek. Begitu...

salam manis,

mama john
--

On Thu, 13 Apr 2000 13:10:57   Sugiarti wrote:
>Halo rekan-rekan netters
>
>Saya pernah dengar dari seorang pengajar, kelas melukis, katanya kalau
>balita itu jangan terlalu diharuskan akan sesuatu, seperti kalau makan harus
>menggunakan tangan kanan, kalau menerima sesuatu dari seseorang harus
>menerimanya dengan tangan kanan. Nah... katanya hal itu akan menghambat daya
>kreativitas dari sang anak.
>Apakah memang benar demikian?
>Padahal kan secara tidak langsung, kita selalu menerapkan kebiasaan sopan
>santun itu dari kecil.
> [...]

Send FREE April Fool's Greetings to your friends!
http://www.whowhere.lycos.com/redirects/American_Greetings.rdct