mbak Imelda,
Memang berat badannya agak kurang ya harusnya sekitar
9-10 kg karena umur 1 tahun beratnya harus 10,2 kg,
tapi selama trend berat nya naik terus tiap bulan
tidak perlu khawatir mungkin karena lincah jadi energi
yang keluar lebih banyak dari yang masuk. Untuk tes
mantoux selain masalah berat badan juga dilihat apakah
sering berkeringat malam hari, ada benjolan di leher,
batuk yang jarang tapi sudah berlangsung cukup lama
dan nafsu makan kurang dan disekitar rumah ada yang
terkena TB.
Kalau tanda-tanda tersebut ada maka perlu dilakukan
tes yang sudah saya sebutkan. Tes mantoux lebih mudah
dilakukan karena hanya disuntik sedangkan untuk tes
darah karena prosedurnya harus ambil darah dari lengan
rasanya cukup menyakitkan bagi anak. Untuk perlu
tidaknya rasanya harus tanya ke DSA karena pasti punya
pertimbangan sendiri.

Mamanya Dafi