=Makanan yang diperlukan dalam sehari=

Susu dan Produk Susu : 3-4 takaran
1 takaran = 1 gelas susu, 1 lembar keju, 1 wadah yogurt, 1 cangkir es krim

Daging dan pengganti daging : minimal 2 takaran
1 takaran = 100 gram daging sapi/ayam/ikan, 2 sdm selai kacang, 2 potong
tahu/tempe, kacang-2an (kacang merah, kacang hijau, kacang tolo), 1 telur, 1
hati ayam/ampela

Sayur dan Buah : 5 takaran atau lebih
1 takaran = 1 buah jeruk, 1 buah apel, 1 cangkir anggur, 1 cangkir pepaya, 1
buah pisang, 1 mangkok sayur, 1 piring pecel/gadogado

Nasi dan pengganti nasi : 7 takaran atau lebih
1 takaran = 1 piring nasi, 1 piring pasta (spageti, macaroni), 1 jagung, 1
kentang besar, 1 lembar roti tawar, 1 bun burger/hotdog

Pengalaman saya, terus terang ngga' bisa memenuhi semuanya. Kekenyangan...!
paling saya makan cuman 75-80% dari chart tsb. Itu pun saya sudah nambah
berat 26 kilo! he..he..
Anak saya waktu itu lahir 3010 gram. Bayangin... kemana 23 kilo lainnya?!
Tapi seminggu setelah melahirkan, 12 kilo langsung hilang.
Saya sih dulu ngga' terlalu memikirkan tubuh saya, yang penting saya makan
sehat, bayi saya sehat, alhamdulilah 9.5 bulan saya hamil tanpa keluhan.
Dokternya sampai bingung, setiap kali check up, ngga' ada macem-2.

O iya, di samping itu, ada beberapa makanan yang harus dihindari, sbb:
kopi, teh, rokok, makanan/minuman beralkohol, junk foot (kalau pingin sih ya
boleh, tapi jangan keseringan), makanan bergula banyak (permen, permen
coklat), dan makanan yang mengandung gula buatan.

Daftar makanan ini bisa juga dipakai untuk ibu menyusui. Karena selama
menyusui pun kita dianggap tetap makan untuk berdua (sama seperti semasa
hamil).

Sementara gitu dulu deh... anak saya bangun nih..
Semoga bermanfaat.

Quinike