Yap, i had the same experience...

Waktu itu di Malang 1980, saya tidak diterima masuk SD karena masih banyak
anak yang lebih tua yang belum bersekolah (lagi gencar-gencarnya wajib
belajar...)

Lalu saya dicarikan TK baru yang ada tiga grade, bukan hanya nol kecil dan
nol besar, tapi grade-nya A, B, C. Saya masuk di C. Walaupun kata mama
saya, saya bandelnya jadi nggak ketulungan... saya tidak ingat ada perasaan
bosan untuk ke sekolah...

Saya juga nggak tahu tentang aturan yang berlaku dan kalau memang ada
aturannya kenapa demikian, tetapi, kalau memang tidak bisa dicarikan SD
yang mau menerima (dan bagus tentu saja...), ya itu tadi, cari TK lain,
atau 'titipkan' ke SDnya, jadi anak bawang istilahnya (seperti yang dialami
istri saya..:-))... yang perlu kita sadari sebenarnya adalah bahwa pada
usia tersebut, anak masih dalam usia bermain... ke TK ataupun SD mungkin
lebih diperlukan untuk mengajarnya berinteraksi dengan pihak lain diluar
lingkungan keluarganya... dan tentu saja itu tadi, bermain...

Cheers...

Wasis - calon ayah...

Lisa Andu <[EMAIL PROTECTED]> on 04/25/2000 11:08:53 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]