Mbak Sinta,
Menurut saya tentu saja suara tidak bisa menggantikan
kehadiran kita di rumah. Kalau kita ada tentu selain
nada suara, anak bisa melihat ekspesi wajah kita dan
bersentuhan dengan kita. Tapi bagi ibu bekerja,
menelepon adalah cara alternatif menunjukkan kasih
sayang kita dan meyakinkan anak bahwa meskipun kita
tidak terlihat tapi kita tetap ada dan ingat
kepadanya.
Bagi anak yang ibunya bekerja tiap hari mereka merasa
kehilangan lho, hanya bagi yang belum bisa bicara
terlihat dari tingkah lakunya (rewel, bingung, tidak
nafsu makan, dll).
Tentang frekuensi menelepon tiap oran berbeda, ikuti
saja kata hati ibu, menelepon dengan waktu yang tidak
beraturan ada untungnya yaitu kita bisa mengecek kerja
baby sitternya dan keberadaan anak kita di rumah.

Mamanya Dafi