Kalau terbentur tanpa luka berdarah, kasih aja thrombopop gel (kayak salep) ditempat
yang terbentur, sambil sedikit digosok/dipijat. Biasanya benturan itu tidak akan
menyebabkan bengkak dan biru. Tapi, kalau ada luka berdarahnya, jangan ya, Pak.

Sebaiknya Bapak yakinkan dulu bahwa biru-biru itu karena benturan. Baru-baru ini kan
ramai diomongin masalah ITP, yang salah satu gejalanya adalah biru-biru dibawah kulit,
tapi bukan karena terbentur. Karena baru rame diomongin, saya masih inget bener,
jadinya 'serem'nya masih kerasa. Bukannya ngarepin yang engga-engga loh Pak,
yah...mendingan teliti aja gitu.

Salam manis,

mama john