Nah..'kan bener dugaan saya, pasti ada efek psikologis dari masa lalu NI
yang berdampak pada prilakunya saat ini (sesuai dgn pengakuan NI sendiri).
Entah itu dari lingkungan keluarga, sekolah, pergaulan, dsb-nya yang unik,
membuatnya menjadi pribadi yg unik pula. Terus terang, tadinya saya cuma
berniat untuk mengamati saja, tapi lama kelamaan gatal juga pingin
berkomentar.
Saya pikir NI adalah contoh kasus yg jarang kita temui di negara kita ini,
krn biasanya kita orang Timur, terbiasa mendidik anak2 kita sesuai dgn tata
cara/adat ketimuran. Mungkin lingkungan NI ini terbiasa mendidiknya secara
lepas tanpa batasan2 pemikiran, adat istiadat, norma2, dsb, sehingga jadilah
dia lain dengan kita2 ini yg berasal dari lingkungan yg biasa2 saja.
Akibatnya, NI kita 'cap' sebagai orang yg 'ekstrim', baik pola pikirnya,
mungkin pula attitude/tingkah lakunya (dugaan saya begitu).
Menurut saya, orang2 spt NI ini (tanpa berniat mendiskreditkan bung NI),
membutuhkan penyaluran2 bagi inspirasinya yg tak terbatas. Jadi kalau tdk
berkenan di hati, kita yg org2 'biasa' ini mohon dimaklum saja. Sehubungan
dgn topik milis balita ini, sedikit banyak saya jadi belajar juga dari NI,
paling tidak, stl saya menjadi org 'biasa', saya tidak menginginkan anak2
saya menjadi di luar 'biasa'. Kasihan 'kan kalau di dikucilkan dari
lingkungannya...

Yah.. sekedar pendapat....

Rgds - IRA