Mbak, saya juga orang yang sangat peduli sama kebersihan tubuh. Waktu John masih new
born baby, saya pernah dapat baby sitter yang super bersih, tapi karena kelakukannya
super menyebalkan, terpaksa setelah 40 hari saya phk. Gantinya, cukup bersih, tapi
maaf ya, kalau ngomong kok agak bau mulutnya. Saya tidak mau dong anak saya kebauan.
Jadi, dengan cara halus tapi terus terang saya bilang sama si suster. "Sus, dede sejak
lahir terpaksa tidak mendapatkan asi (emang bener), jadi dsa bilang, daya tahannya
tidak sebaik bayi yang minum asi. Dede gampang ketularan penyakit. Yang paling gampang
nularin ya orang yang tiap hari dekat sama dede termasuk kamu, Sus. Makanya, kamu
harus betul-betul jaga kesehatan dan kebersihan badan kamu. Ini, saya kasih kamu
sabun, odol, sikat gigi, shampoo dan deodorant. Kamu harus mandi dua kali sehari,
keramas dua hari sekali, dan sikat gigi setiap kali habis makan. Kalau habis, minta
lagi sama saya."

Waktu itu kan saya masih cuti, jadi pada hari-hari pertama, setiap habis makan, saya
ingatkan dia untuk sikat gigi. Saya sendiri juga melakukannya. Jadi, dia bisa liat,
saya juga sangat memperhatikan kebersihan. Betul saja, sejak saat itu saya tidak
pernah mencium bau mulutnya lagi kalau dia lagi ngomong.

Saya sudah kapok terlalu bersungkan-sungkan sama suster/pembantu. Malah ngelunjak
seperti suster yang pertama. Saya lebih baik berterus terang dengan cara halus. Selama
ini sih mempan tuh. Jadi, si suster tau betul maunya saya apa. Saya juga akan menegur
kalau dia lupa, tentu dengan cara yang enak juga.

Semoga berhasil,

mama john